Minggu, 25 Januari 2015

Diving dan Snorkeling di Umbul Ponggok

diving di umbul ponggok
Travellers, sekarang kalo pengen diving atau snorkeling tak usah jauh-jauh ke pantai atau laut. Di Klaten ada sumber mata air yg sangat jernih dan banyak ikan hidup disitu. Namanya Umbul(sumber mata air) Ponggok, lokasinya di Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Airnya yang sangat jernih membuat ikan yang ada terlihat dari permukaan kolam. Umbul Ponggok ini berbentuk kolam besar, yang dikelilingi serambi utuk tempat duduk. Ditengah Umbul Ponggok terdapat mata air yang sampai sekarang masih menyemburkan air bersih, bila kita menyelam akan terlihat semburan pasir yang itu adalah sumber mata airnya.
Harga tiket masuk disini sangat murah, hanya 4000rupiah Travellers bisa diving & Snorkeling sepuasnya. Tak usah khawatir kalo tak bisa berenang, karna disini disediakan penyewaan band dalam. Bila tak bawa kacamata renang, petugas menyediakan persewaan yang sangat terjangkau. Satu ban dan satu kacamata renang dibandrol 14.000ripiah. dan bila lupa sarapan atau belum makan siang, banyak warung menyediakan kudapan yang tentunya mengenyangkan.
umbul ponggok
Source Photo : nikaresti.blogspot.com
Umbul Ponggok ini dikelola oleh masyarakat desa Ponggok sendiri, tak heran kalau disekitar umbul ponggok banyak kolam renang, karna memang desa Ponggok memiliki banyak sumber mata air. Kolam ini terletak persis dipinggir jalan raya desa Ponggok, dan masih sepi pengunjung. Karna kurangnya publikasi sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui keindahan dalam air di Umbul Ponggok ini.
Travellers, Umbul Ponggok ini juga biasa dipakai untuk berlatih menyelam para pecinta diving. ukuran kolam yang lebar dan nuansa bawah airnya mirip seperti dilaut, membuat pelatihan diving menjadi menyenangkan. Kedalaman kolam di Umbul Ponggok ini tidak rata, dari 1,5meter sampai 2,5meter semakin ketengah semakin dalam. Dasar kolam ini berpasir dan terdapat bebatuan alam.
Kalau ingin ke Umbul Ponggok mudah kok, bila perjalanan dari Jogja Travellers ambil ke jalan ke arah Solo, bila sudah melewati kota Klaten Travellers simak di kanan jalan ada terminal Penggung. Terminal Penggung terdapat pada simpangan Trafficlight menuju desa Ponggok, Travellers ambil arah kekiri lurus terus ikuti jalan sampai bertemu markas Koramil disebelah kiri jalan. Markas Koramil terletak di pertigaan jalan. Dari pertigaan tersebut ambil kearah kanan, dan kembali mengikuti jalan. Nah kira-kira 2kilometer, Travellers bakal menemukan Umbul Ponggok yang terdapat dipinggir jalan di desa Ponggok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar