Minggu, 25 Januari 2015

Kebun Teh di Kabupaten Kulon Progo

Rabu, 31 Desember 2014 12:53:29 - Oleh : Tim Layanan Data & Informasi Budparpora

 
Pesona Kebun Teh Di Kulon Progo
Apa benar ada kebun teh di Yogyakarta? Ya, ada dong dan sepertinya banyak warga Yogyakarta dan sekitarnya yang tidak tahu bahwa terdapat perkebunan teh di wilayah D. I. Yogyakarta. Kebun teh tersebut tepatnya berada di Dusun Tritis, Desa Ngargosari dan Dusun Nglinggo Timur, Desa Pagerharjo di Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.
Pucuk teh dari perkebunan teh Menoreh yang menjadi bahan TEH SUROLOYO. Foto: TLDI Budparpora 15/12/2014
Lho, kalau ada perkebunan teh di Yogyakarta berarti ada dong produk teh lokal dari Yogyakarta? Ya, ada lah dan produk teh tersebut diberi nama Teh Suroloyo. Produk Teh Suroloyo merupakan produk teh aseli dari perkebunan teh di Dusun Tritis dan Dusun Nglinggo Timur dan sekitarnya dengan PT Pagilaran.
Produk jadi TEH SUROLOYO. Foto: TLDI Budparpora 30/12/2014
Pada Senin Pon 15 Desember 2014 lalu dilaksanakan tradisi "uwur-uwur" yaitu pemberiaan pupuk atau penanaman bibit teh oleh masyarakat. Kesempatan "uwur-uwur" kali ini dirayakan masyarakat Dusun Tritis, Dusun Nglinggo Timur bersamaan dengan peluncuran produk Teh Suroloyo oleh Bapak Bupati Hasto Wardoyo beserta jajaran dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Provinsi DIY, PT Pagilaran dan sebagainya. Produk teh Kulon Progo ini diberi nama Teh Suroloyo mengingat Puncak Suroloyo menjadi ikon di Pegunungan Menoreh Kulon Progo. 
Keberadaan perkebunan teh di wilayah Kulon Progo ini semakin dikukuhkan dengan penanaman bibit teh master, yaitu tanaman teh yang tidak dipangkas dan dibiarkan tinggi untuk menjadi indukan. Penanaman bibit teh indukan ini dilaksanakan pada Selasa Pon 30 Desember 2014 oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo.
Sri Sultah HB X menanam teh indukan di Dusun Tritis.
Foto: TLDI Budparpora 30/12/2014
Sementara itu para petani teh Tritis dan Nglinggo Timur berharap bisa meningkatkan hasil perkebunan teh dan berharap masyarakat Kulon Progo bisa menikmati dan membeli produk Teh Suroloyo. Selain itu masyarakat di sana juga berharap di masa depan wilayah perkebunan teh bisa menjadi desa wisata atau agrowisata yang bisa mendukung kegiatan pertanian, perkebunan masyarakat dan bisa meningkatkan penghasilan dan perekonomian masyarakat serta menjadi wujud dari slogan Bela Beli Kulon Progo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar